Kunjungan Prodi PWK Unissula ke ITNY

 

 

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menerima kunjungan Prodi PWK Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Kunjungan ini dalam rangka studi banding dan sharing knowledge tentang Implementasi Kurikulum MBKM pada Selasa (15/6).

Rombongan Prodi PWK Unissula dipimpin oleh Kaprodi, Dr. Mila Karmilah, S.T., M.T., beserta empat Dosen lainnya. Acara berlangsung di lantai 3 Gedung Rektorat ITNY dan disambut oleh para dosen PWK ITNY dengan senang hati.

Mila mengatakan bahwa kunjungan ke Prodi PWK ITNY selain mempererat tali silaturahim antar Prodi anggota Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI), juga ingin mengetahui lebih jauh implementasi kurikulum MBKM yang telah dilakukan oleh ITNY.

“Lebih dari itu, kiat-kiat perolehan hibah MBKM dari Kemendikbud juga merupakan hal penting yang ingin diketahui lebih lanjut”, jelas Mila.

Kaprodi PWK ITNY, Yusliana, S.T., M.Eng memaparkan tentang best practice implementasi kurikulum MBKM di Prodi PWK ITNY.  Ia menyampaikan bahwa terapan kurikulum MBKM di ITNY adalah dengan melaksanakan kegiatan magang serta membangun desa/KKN Tematik.

‘Saat ini sudah menjelang kegiatan monitoring dan evaluasi, serta mempersiapkan kegiatan selanjutnya, diantaranya magang mahasiswa di Kementerian ATR/BPN”, jelas Yusliana.

Selain itu, Yusliana juga menyampaikan kiat-kiat dalam penulisan proposal kompetisi untuk perolehan dana hibah MBKM Kemendikbud berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan oleh Prodi PWK ITNY.

Sesi diskusi berjalan lancar dan interaktif, khususnya mengenai inovasi kegiatan MBKM serta proses penjaminan mutu implementasi kurikulum MBKM yang memang membutuhkan Mitra. Selanjutnya Prodi PWK ITNY dan Unissula sepakat untuk menindaklanjuti kegiatan ini dengan kerjasama yang lebih konkret.