Prodi Teknik Sipil ITNY Melaksanakan Seminar Online konstruksi

 

Yogyakarta(16/06/2021), Program Studi Teknik Sipil  Fakuktas Teknik Sipil Dan Perencanaan ITNY menyelenggarakan Seminar Online Kontruksi Seri 2 mengusung tema’’ Teknologi Beton Pracetak Indonesia / Precast Concrete Technology’’ dengan narasumber Yassy Iskandar Muda S.T selaku Manajer Teknik dan Mutu (Quality and Engineering Manager) PT.WIKA Beton. Tujuan diselenggarakannya seminar Nasional Konstruksi ini untuk berbagi pengalaman di lapangan terkhususnya perkembangan dunia konstruksi saat ini.

Seminar Online Konstruksi dibuka dengan sambutan oleh Kaprodi Teknik Sipil ITNY dengan memberikan pesan dimasa pandemic saat ini mahasiswa tetap semnagat mencari kegiatan positive salah satunya mengikuti webinar, bisa mendapatkan ilmu baru, semangat baru dan banyak pakar-pakar konstruksi membagikan ilmuya secara gratis dan kaprodi Teknik Sipil juga mengenalkan kegiatan webinar Teknik Sipil yang akan dilakukan rutin setiap hari rabu dengan 2 jenis webinar yaitu berbagi pengalaman dilapangan “Seminar Online Konstruksi” dan “Cerita Alumni” merupakan cerita lulusan Teknik sipil ITNY semasa kuliah sampai bekerja saat ini.

Webinar Seminar Online Kontruksi Seri 2  ini dihadiri kurang lebih 90 peserta dari berbagai macam kalangan dan insitususi, acara ini dibuka oleh narasumber dengan menceritakan tentang teknologi berton pracetak menggunakan BIM (Building Information Modelling) yang sedang gencar-gencarnya digunakan di dunia Teknik sipil. BIM adalah Sistem atau teknologi yang mencakup beberapa Informasi penting dalam proses Design, Construction, Maintenance yang terintegrasi pada pemodelan 3D. Penerapan BIM ini sangat penting dikembangkan di Indonesia karena dapat mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan di proyek. Salah satu keunggulan dari BIM ini adalah Integrasi Informasi dari berbagai disiplin ilmu dalam satu pemodelan 3D.  Tidak hanya mencerikan namun Yassy juga mempraktekkan sedikit tentang aplikasi BIM kepada peserta Webinar, kegiatan diselingi dengan pembagian hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari narasumber dan sesi tanya jawab yang begitu menarik karena antusiasme para peserta ditunjukan dengan aktifnya para dalam diskusi dan menanggapi narasumber.